UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HUT RI KE-71

Pada peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-71 tanggal 17 Agustus 2016 SMA Katolik Seminari Garum dipilih untuk bertugas pertama kalinya menjadi paskibra. Upacara dilakukan di Lapangan Sidodadi, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Sepuluh siswa dari kelas X dan XI dipilih oleh ketua panitia upacara bendera Kecamatan Garum menjadi bagian dari pasukan empat puluh lima. Kebanggaan dan semangat cinta tanah air berkobar di dada para seminaris yang mengikuti latihan demi latihan. Di samping itu, seperti tahun-tahun sebelumnya SMA Katolik Seminari Garum dipercaya menjadi tim paduan suaranya pada upacara tersebut.

Anggota paskibra dan tim paduan suara beserta dua peleton barisan peserta dari SMA Katolik Seminari Garum mengikuti dua kali upacara. Upacara pengibaran bendera dilaksanakan pagi hari pada pukul 9.00, sedangkan upacara penurunan bendera dilaksanakan sore hari pada pukul 16.00. Para petugas dan peserta upacara tersebut didampingi oleh para guru.

Peserta upacara 17 Agustus tidak hanya berasal dari SMA Katolik Seminari Garum, tapi juga dari SMA Negeri 1 Garum, SMK Kesehatan Garum, juga beberapa SMP dan SD yang ada di lingkungan kecamatan garum. Mereka semua mengikuti upacara bendera khidmad dan disiplin. Meskipun demikian, akibat cuaca panas dan terik matahari, beberapa siswi mengalami pingsan. Mereka dirawat oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Garum yang telah menyiapkan obat-obatan, tandu, dan tenda.

Dengan tema HUT RI ke 71 Kerja Nyata, seminaris dapat berefleksi bahwa perjuangan sebagai calon imam tidak hanya terjadi di lingkup gereja dan sekolah, namun juga di masyarakat, bangsa, dan negara. Mereka hendaknya mencontoh para pahlawan yang beriman katolik dan teguh mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia. Cornelius Simanjuntak, Yosaphat Soedarso, Ignasius Slamet Riyadi, Agustinus Adi Sucipto, Albertus Soegijopranata, Ignasius Joseph Kasimo, dan Herman Johannes adalah para teladan yang baik bagi seminaris dan kita semua.

(editor: Kartika)

Bagikan:
Share

Tinggalkan Balasan